Berita Terbaru Properti Mempunyai tubuh yang sehat dan bugar tentu menjadi keinginanan seua orang. Karena dengan begitu kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik. Banyak cara yang dilakukan agar mendapatkan tubuh yang sehat, mulai dari olahraga, pola makan, dan asupan gizi serta mineral yang cukup.

Namun hal itu saja ternyata belum memastikan Anda bisa memiliki tubuh yang sehat. Faktor lingkungan juga menjadi salah satu yang berpengaruh bagi kesehatan Anda, termasuk rumah. Kondisi rumah yang bersih, asri, sejuk bisa membuat penghuninya tinggal dengan kondisi yang nyaman dan sehat. Lantas bagaimana memastikan bahwa sebuah rumah tersebut sehat atau tidak? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya :

 

Kriteria Rumah Sehat Yang Harus Kamu Pahami

 

Material Bangunan
Permasalahan paling umum bagi kesehatan seseorang di rumah adalah material bangunannya. Sebagai contoh, asbes menjadi salah satu penyebab penyakit gangguan kesehatan pernapasan yang tinggi. Oleh karena itu sudah banyak rumah yang meninggalkan bahan bangunan ini karena dinilai kurang aman bagi penderita gangguan kesehatan, jad pastikan rumah Anda sudah tidak menggunakan asbes lagi.

Masalah berikutnya adalah kemunculan jamur pada material bahan bangunan. Jamur menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti iritasi kulit, asma, mata merah, dan banyak lagi lainnya. Anda harus memperhatikan setiap sudut rumah untuk memastikan keberadaan jamur yang membahayakan kesehatan.

Permasalahan Ventilasi
Masalah yang paling banyak dihadapi oleh masyarakat perkotaan tentu pada kualitas udara. Kualitas udara yang buruk tentu tidak baik bagi kesehatan sistem pernapasan, pada kasus yang lebih buruk bisa menyebabkan kanker. Oleh sebab itu sirkulasi di dalam sebuah rumah harus bekerja dengan sistem yang baik, sehingga membutuhkan ventilasi udara yang baik pula.

Banyak ventilasi yang didesain justru malah membuat rumah menjadi pengap dan sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Seharusnya, ventilasi dibuat dan ditempatkan pada posisi yang benar sehingga udara bisa dialiri. Selain itu ventilasi memerlukan sebuah penyaring udara, agar ruangan mendapatkan udara yang segar dan bersih. Pastikan ventilasi rumah Anda berfungsi dengan baik.

Gas Radon
Gas radon merupakan gas beracun dan berbahaya bagi manusia. Setiap hari gas radon ini dapat dihirup karena dosisnya yang rendah di udara bebas. Namun bagi kondisi rumah yang minim sirkulasi udara, gas ini sangat berbahaya.

Gas ini berasal dari tanah yang terbentuk dari beberapa mineral. Pada jumlah yang tinggi gas ini bisa menyebabkan kanker paru-paru. Hal yang mudah untuk memastikan rumah bebas gas radon adalah sirkulasi udara yang baik. Namun untuk pencegahan yang lebih baik, Anda bisa melakukan uji radon dengan bantuan tenaga ahli.

Memastikan Air Dalam Rumah Bersih
Permasalahan air bersih hampir dialami oleh banyak rumah. Padahal air menjadi kebutuhan yang paling utama bagi sebuah rumah. Tanpa air yang bersih, ada berbagai ancaman penyakit yang dapat menyerang kesehatan.

Air yang kurang baik biasanya mengandung bakteri, klorida, fluorida, logam berat, hingga asam. Kandungan jika dikonsumsi tubuh manusia secara terus-menerus tentu akan membahayakan kesehatan. Agar Anda bisa mendapatkan air yang bersih dan sehat, maka memerlukan sistem pemurnian air. Sistem ini dapat dipasang di dalam rumah, sehingga kebutuhan air bersih Anda dapat tercukupi setiap harinya.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

RELATED ARTICLES

Penyakit Yang Siap Menyerang Rumah Kotor

Penyakit Yang Siap Menyerang Rumah Kotor

GreenClean – Membersihkan rumah yang kotor adalah aktivitas yang melelahkan. Bayangkan saja, Anda bekerja 5 hari dalam seminggu dan hal terakhir yang ingin Anda lakukan di akhir pekan adalah membersihkan rumah. Namun, ternyata ada bahaya mengintai jika rumah jarang dibersihkan. Rumah akan menjadi sarang penyakit…

Solusi Tepat Membersihkan Lumut di Paving

Solusi Tepat Membersihkan Lumut di Paving

GreenClean.id – Lantai paving block tentunya sudah tidak asing lagi menutupi bagian luar rumah. Selain murah dan mudah didapat, penggunaan material ini juga memperlebar jalur resapan air hujan ke tanah. Sayangnya, hujan yang tak kunjung berhenti bisa membuat munculnya lumut paving block. Jangan anggap enteng!…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *