Berita Terbaru Properti Model desain rustic memang terkenal dengan kesan natural pada rumah modern karena memiliki tekstur dan warna yang terinspirasi dari alam. Selain itu, tampilannya pun kerap kali sederhana dan didominasi oleh warna tanah. Biasanya rustic juga tampil dengan pilihan furniture yang asli tanpa finishing sehingga masih terlihat tekstur asli dari material yang digunakan. Intinya, gaya rustic cenderung menggunakan bahan-bahan natural yang didapat dari alam seperti kayu, batu dan sebagainya.

Namun, saat ini sudah banyak juga gaya rustic yang digabungkan dengan gaya lain seperti modern. Desain rumah rustic modern pun banyak disukai karena dianggap kekinian namun tetap kental akan unsur natural. Ingin mengaplikasikannya pada rumah? Berikut ciri-ciri model rumah ini yang harus kamu pahami yang dirangkum Hostcoremedia dari berbagai sumber :

 

 

Ciri-Ciri Model Rumah Rustic Modern Yang Harus Kamu Pahami

 

 

 

1. Tetap Modern dengan Furniture Etnik
Siapa yang menyangka bahwa ternyata gaya desain rustic juga sangat cocok dikombinasikan dengan hunian modern? Rustic punya sejumlah elemen etnik yang dapat digunakan sebagai aksen pada interior modern. Contohnya, Anda bisa menambahkan beberapa sentuhan furniture etnik yang umumnya tidak dipoles pada rumah bergaya modern yang kental akan kesan bersih.

2. Adanya Panel Kayu
Tak harus digunakan pada seluruh elemen rumah, Anda bisa menyisipkan beberapa aksen rustic yang natural pada beberapa bagian rumah saja. Misalnya, tambahkan panel kayu dengan tekstur yang natural pada kamar tidur atau ruang tamu. Panel kayu ini pun dapat Anda manfaatkan sebagai pengganti headboard di area tempat tidur lho. Panel kayu yang diletakkan di area utama rumah juga bisa menjadi aksen menarik yang membuat siapa saja menoleh ke arahnya. Padukan panel kayu ini dengan warna tempat tidur atau sofa yang cerah dan natural seperti warna putih atau abu-abu.

3. Menggunakan Warna Tanah
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gaya rustic biasanya didominasi dengan warna-warna tanah atau warna natural lainnya yang dekat dengan unsur alam, seperti cokelat atau abu-abu. Anda bisa mengaplikasikan konsep ini pada pemilihan warna furniture di rumah modern. Pilihan warna yang berasal dari alam misalnya bebatuan, batang kayu, atau lumpur. Pilih warna-warna natural untuk furniture utama rumah seperti sofa, meja, lemari, atau tempat tidur. Anda juga bisa menggunakan warna-warna dengan corak yang lebih cerah namun tetap bisa memberikan kesan hangat sebagai aksen ruangan seperti warna kuning, merah, atau oranye.

4. Countertop Marmer pada Kitchen Set Kayu
Marmer selalu menjadi pilihan utama saat ingin memberikan tampilan mewah pada rumah. Guratannya yang unik dan tampilannya yang elegan membuat marmer cocok digunakan di mana saja. Selain itu, marmer juga dikenal dengan daya tahannya yang sangat kuat lho. Nah, pada dapur Anda juga bisa menggabungkan antara marmer dan kitchen set kayu yang kental akan desain rustic untuk mendapatkan tampilan yang lebih modern. Walaupun kitchen set kayu ini terkesan tua dan berantakan, countertop marmer bisa memberikan nuansa modern yang elegan pada dapur.

5. Gabungan Batu dan Stainless Steel
Ternyata perpaduan batu alam dan stainless steel pun bisa terlihat cantik ya. Kontrasnya batu alam dan perlalatan stainless steel yang terinspirasi dari dapur Perancis ini terlihat cantik untuk rumah bernuansa rustic. Penggabungan dua elemen ini pun bisa menjadi contoh sempurna dari gaya rumah rustic modern.

6. Dekat dengan Alam
Gaya rustic sangat dekat dengan alam, untuk itu pada rumah bergaya modern pun Anda perlu mencari cara yang pas untuk menghubungkan area dalam rumah lebih dekat dengan alam bebas. Anda bisa memasang jendela kaca besar, dinding atau pintu kaca, hingga menambahkan skylight agar pemandangan di luar rumah bisa terlihat jelas dari dalam rumah. Apabila pemandangan di luar rumah tidak mendukung atau tidak memungkinkan untuk membuat bukaan yang besar, Anda bisa membawa elemen alam ke dalam rumah. Caranya dengan meletakkan tanaman hijau dalam pot kayu atau rangkaian ranting yang disusun di sudut rumah.

Gabungan desain rumah rustic modern ternyata bisa membuat tampilan rumah terlihat unik sekaligus berkarakter bukan? Anda pun bisa lebih menonjolkan jati diri sebagai pemilik rumah dengan berkreasi dengan desain rustic modern. Apa kamu tertarik ?

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *