Berita Terbaru Properti Menetap di negara dengan iklim tropis, membuat kita harus terbiasa dengan cuaca yang panas setiap harinya. Maka dari itu, konsep desain rumah pun dibuat sesuai dengan konsep interior musim panas yang bisa membuat rumah tetap nyaman di cuaca yang panas.

Kebanyakan orang biasanya akan lebih memilih untuk menggunakan perangkat semacam Air Conditioner atau AC yang wajib digunakan pada rumah untuk mengurangi hawa panas. Padahal dengan beberapa tips dan trik sederhana, Anda juga bisa menjadikan suasana rumah tetap sejuk dan segar. Berikut kiat-kiatnya yang harus kamu tahu :

 

Kiat-Kiat Menciptakan Desain Interior Untuk Hunian Di Wilayah Iklim Tropis

 

 

1. Gunakan Warna Cat Cerah
Untuk membuat rumah Anda terlihat lebih sejuk dan segar, pemilihan warna cat yang cerah dan terang diklaim oleh para desainer sebagai cara yang paling mudah dan murah. Warna cerah akan membuat ruangan terkesan lebih lapang dan nyaman sehingga ruangan tidak terasa sumpek dan sesak. Selain dari pemilihan warna, Anda juga bisa membuat suasana cerah dan atmosfer ruangan lebih segar dengan menggunakan aksen seperti bantal kursi atau seprai berwarna cerah dengan bahan yang sejuk.

2. Jangan Lupakan Tirai
Kaca merupakan material penghantar panas yang baik. Sebab, hampir 30% panas bisa berasal dari jendela. Maka dari itu, untuk meredam hawa panas yang merembet di jendela kaca Anda, biarkan tirai dan gorden untuk tertutup pada siang hari. Dengan membiarkannya tertutup, panas sinar matahari bisa dipantulkan kembali ke luar sehingga akan menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk. Agar cahaya matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah, gunakan tirai dengan bahan sheer yang tidak terlalu tebal.

3. Tambahkan Tanaman
Cara paling ampuh untuk membuat ruangan lebih sejuk dan segar adalah dengan menambahkan beberapa tanaman ke dalam ruangan. Anda bisa meletakkan tanaman yang ditempatkan di dalam pot-pot kecil di beberapa sudut ruangan. Ini merupakan cara terbaik untuk merasa terhubung dengan alam bebas karena Anda membawa unsur natural dari luar ruangan ke dalam rumah. Dengan menambahkan tanaman, kecil atau besar, tidak hanya memurnikan udara di dalam ruangan, tetapi juga memberi perasaan yang lebih terbuka. Untuk tanaman di dalam ruangan, pilihlah jenis tanaman dengan pemeliharaan yang mudah.

4. Atur Sirkulasi Udara
Buat sistem sirkulasi udara yang baik di dalam rumah dengan memaksimalkan bukaan. Tak hanya sebagai akses keluar-masuk bangunan, bagian pintu juga bisa berfungsi sebagai jalur udara segar untuk masuk ke dalam rumah. Pintu-pintu yang terbuka akan menciptakan aliran udara segar bisa dapat dengan mudah berada di dalam rumah. Selain pintu rumah, disarankan juga untuk membuka jendela secara rutin pada pagi dan sore hari. Dengan rajin menerapkan langkah ini, sirkulasi udara segar di dalam rumah pun akan masuk secara lebih maksimal.

5. Bangun Kolam
Unsur air diyakini mampu meredam suhu panas di sekitar dan membawa suasana sejuk dan rileks. Nah, tidak ada salahnya kan untuk membangun kolam kecil di bagian depan atau belakang rumah bila masih ada ruang. Anda juga bisa menggunakan kolam kecil atau pancuran di dalam rumah untuk menyerap panas.

6. Buat Plafon Tinggi
Plafon rumah yang tinggi akan membuat suhu udara di dalam rumah terasa lebih sejuk, seterik apapun sinar matahari di luar. Kelebihan lainnya dari membuat plafon rumah yang tinggi adalah rumah akan terlihat lebih luas meskipun sebenarnya tidak terlalu luas.

7. Berikan Elemen Kayu
Pernah menginap di rumah dengan unsur kayu di daerah pegunungan atau pantai? Pasti Anda merasa lebih sejuk saat berada di dalamnya kan? Unsur kayu bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk di cuaca panas, dan membuat rumah lebih hangat saat cuaca dingin. Tak hanya itu, material kayu pun terkenal akan kekuatannya karena dapat bertahan hingga bertahun-tahun, lho. Kayu sangat tepat digunakan bagi Anda yang ingin membuat rumah yang kental dengan suasana natural.

Demikianlah beberapa tips dan trik untuk membuat interior bertema musim panas agar rumah tetap terasa sejuk dan nyaman. Siap untuk mencobanya ?

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *