Berita Terbaru Properti Pada hunian modern saat ini, ruang tamu dan ruang keluarga kerap berada di satu fungsi yang sama. Berbeda dengan dahulu yang memisahkan kedua area ini di ruangan terpisah, tren rumah minimalis lebih sering menjadikan ruang tamu dan ruang keluarga dalam satu ruang. Untuk itu, ruang tamu bergaya minimalis harus bisa menyediakan area yang cukup untuk berkumpul keluarga atau saat ada tamu yang datang, menonton TV, serta tempat bersantai yang nyaman.

Desain minimalis sangat pas bila digunakan pada ruang tamu dengan luas yang terbatas. Selain dapat membuat tampilannya terkesan rapi dan minimalis, ruang tamu tetap memiliki nilai estetik tersendiri yang akan membuat ruangan tampak elegan dan mewah. Berikut beberapa inspirasi ruang tamu yang bergaya minimalis untuk Anda, antara lain :

 

 

Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Yang Nyaman

 

 

 

1. Aplikasikan Warna Putih
Penggunaan warna terang pada hunian akan cenderung memberikan kesan luas pada ruangan, karena memang sifat warna putih yang bisa memantulkan cahaya. Untuk ruang minimalis, sebaiknya pilih warna-warna natural seperti putih, abu-abu muda, krem, atau cokelat muda. Apalagi jika luas ruang tamu Anda tidak terlalu besar, penggunaan warna putih atau warna natural lainnya pada dinding, furniture, hingga tirai akan memberikan kesan ruangan lebih luas dan cerah. Selain menggunakan warna natural, Anda juga bisa menambahkan cermin untuk memberikan ilusi kesan luas pada ruangan.

2. Maksimalkan Cahaya dengan Jendela Besar
Jendela yang besar merupakan salah satu unsur paling penting yang harus ada di ruang tamu Anda. Fungsi jendela besar yang membentang pada ruang tamu Anda akan memberikan kualitas cahaya dan udara yang baik. Tak hanya itu, cahaya matahari pagi yang baik akan membawa suasana hangat ke dalam ruangan. Cahaya natural yang masuk secara maksimal juga bisa menjadi penerangan alami, dan sejuknya angin juga akan membuat ruangan terasa lebih segar. Pemandangan indah dari luar juga akan memberikan kenyamanan dan kesegaran tersendiri yang dapat dinikmati dari dalam rumah.

3. Gunakan Unsur Kayu
Ingin memiliki rumah dengan unsur natural yang kental? Menggunakan material kayu pada setiap elemen interior ruang tamu mulai dari lantai, dinding, hingga furniture dapat memberikan kesan ruangan yang alami dan lembut. Material kayu pun sangat terkenal dapat memberikan efek sejuk di saat udara panas, serta efek hangat saat udara dingin. Anda bisa menyesuaikan pemilihan warna kayu dan finishing yang sesuai dengan selera untuk memberikan suasana hangat dan ramah pada ruang tamu. Psst, kayu juga bisa membuat rumah terkesan lebih mewah dan berkelas lho.

4. Buat Langit-langit yang Tinggi
Ruangan yang kecil dan minimalis akan cenderung membuat penghuni terasa sesak dan kurang nyaman saat berada di dalamnya. Nah untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membuat langit-langit yang tinggi di ruang tamu untuk membantu perputaran udara di dalam rumah. Biasanya, tinggi double height ceiling yang dapat diaplikasikan pada rumah berkisar antara 7 hingga 8 meter. Sistem langit-langit yang tinggi ini bisa digunakan pada rumah satu lantai ataupun lebih.

5. Sediakan Tempat Penyimpanan Rapi
Untuk ruang tamu dengan desain minimalis, sebaiknya hanya gunakan furniture esensial saja seperti sofa, meja atau lemari. Terlalu banyak furniture di dalam ruangan akan membuatnya terlihat sesak dan sempit. Agar ruang tamu tetap rapi dan enak dilihat, maksimalkan rak dinding sebagai tempat buku, bingkai foto, televisi, pot tanaman kecil, dan dekorasi lainnya. Susun rak dengan rapi dan sebaiknya tidak terlalu penuh agar ruang tamu terasa nyaman dan lega.

6. Tambahkan Nuansa Hijau yang Segar
Sebagai tempat beristirahat dan melepas penat bersama keluarga di rumah, ruang tamu harus bisa memberikan suasana yang nyaman dan segar. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan beberapa tanaman hijau segar ke dalam ruangan. Apabila memungkinkan, Anda juga bisa menempatkan ruang tamu dekat dengan taman atau area hijau di dalam rumah. Selain memberikan pemandangan yang indah, udara di dalam ruang tamu pun akan terasa lebih segar dan sejuk dengan keberadaan tanaman. Melihat tanaman di dalam rumah juga bisa membantu mata yang lelah akibat terlalu lama melihat gadget atau komputer.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *